Penganugerahan Beasiswa ACR

ACR, Fullbright Dari Timur Serahkan Beasiswa

Penganugerahan Beasiswa ACR

Bersahabat Hingga ke Surga merupakan semboyan Perkumpulan Alkhirrijun Caruban Raya (ACR). ACR adalah berkumpulnya orang-orang sebagai alkhirrijun (alumni) sekolah di wilayah Caruban Raya. Meliputi Kecamatan Saradan, Gemarang, Mejayan, Pilangkenceng, Wonoasri dan Balerejo. Perkumpulan didirikan secara legal, telah disetujui dan disyahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0010976.AH.01.07.TAHUN 2020. Semangat perjuangan ACR adalah ingin menjelma sebagai Fullbright dari timur. Sebuah perjuangan untuk ikut melahirkan generasi yang hebat sebagai tokoh dunia yang beridentitas “Saya Indonesia, Saya Pancasila”.

ACR dipercaya untuk mengelola dana yang disetor oleh anggota ACR, sebagai dana abadi. Kenapa disebut dana abadi ?. Sebab dana ini dirancang sebagai dana yang harus berkembang dan terus tumbuh. “Tidak mengenal pengurangan dan pembagian, karena yang ada adalah penjumlahan dan perkalian”, kata Iman Supriyono, ketua ACR. Dana abadi akan diinvestasikan kedalam usaha produktif dengan prinsip-prinsip kehati-hatian untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan sebagai hasil usaha ini akan dibagikan sebagai beasiswa kepada putra-putri Indonesia yang menempuh pendidikan di semua jenjang. Untuk tahap awal, sasaran penerima beasiswa adalah putra-putri yang menempuh pendidikan di wilayah Caruban Raya Kabupaten Madiun dan sekitarnya sesuai kriteria yang ditetapkan oleh ACR. Salah satu kriteria itu adalah secara ekonomi mereka kesulitan dan benar-benar membutuhkan bantuan dana untuk kebutuhan biaya sekolah.

Pada hari Senin tanggal 21 Juni 2021, ACR menyelenggarakan kegiatan penyerahan beasiswa kepada 2 (dua) orang siswa. Penyerahan beasiswa dilaksanakan di aula SMPN 1 Mejayan Kabupaten Madiun. Penerima beasiswa itu adalah Dhini Flora Amella, siswi kelas 8 SMPN 1 Mejayan dan Az-Zahra Hartanti, siswi kelas 2 SDN Kedungjati Kecamatan Balerejo. Kegiatan tersebut dihadiri dan disaksikan oleh Agus Sucipto, S.Pd., M.Pd., Kepala Sekolah SMPN 1 Mejayan dan Parmiati, S.Pd. Kepala Sekolah SDN Kedungjati. Dalam sambutannya, Ketua ACR Iman Supriyono menyampaikan bahwa tidak mustahil akan lahir ilmuwan, negarawan, penguasa, pengusaha serta tokoh di bidang lainnya yang berasal dari penerima beasiswa ACR. Sebagaimana Fullbright telah melahirkan tidak kurang dari 35 orang yang menjadi presiden dan perdana menteri yang tersebar di berbagai negara di dunia. Serta banyak sekali tokoh yang lahir dari penerima beasiswa Fullbright.

Kepala Sekolah SMPN 1 Mejayan berterima kasih kepada ACR atas nama Dhini Flora Amella. Sang Kepala Sekolah berpesan agar menjadikan beasiswa ini sebagai beban (tanggungjawab, red), sehingga menjadi cambuk untuk meningkatkan potensi dan prestasi akademik maupun sikap. Jangan menganggap sebagai hadiah, karena hanya akan membuat terlena. Pesan serupa disampaikan Kepala Sekolah SDN Kedungjati atas nama Az-Zahra Hartanti, agar beasiswa ini menjadikan untuk semakin semangat dalam belajar dan semakin rajin beribadah hingga bisa meraih cita-cita gemilang. Hadir pula dalam kegiatan itu beberapa orang guru yang pernah mendidik para anggota ACR, saat mereka menempuh pendidikan di Caruban raya. Para guru yang saat ini sudah pensiun terharu dengan ide dan terobosan dari para anak didiknya. Bangga dengan apa yang dilakukan oleh ACR. Berterima kasih, ternyata anggota ACR hasil didikan dan bimbingan dari para guru patut dipuji.

Sumber: indonesiajumat.com

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *